Trik Ilusi dalam Berpantun

Akhirnya ketemu juga tema acaranya. Setelah berkomunikasi dengan presenter acara, bung Bhuyung Ardhiansyah dan bintang tamu Didie Dian R, akhirnya saya buatlah tajuk acara live kita nanti “Trik Ilusi dalam Berpantun”.

Agak aneh mungkin di mata kebanyakan orang. Ya, karena memang ada pesan yang ingin saya sampaikan melalui judul tersebut. Diantaranya adalah bahwa saya sebenarnya bukan seorang yang ahli dalam berpantun. Namun sebagian orang menyangka demikian (bahwa saya pandai berpantun) akibat trik atau ilusi yang saya buat.

Bisa dibilang ini ada hubungannya dengan ilmu sulap yang begitu identik dengan trik dan ilusi tentunya.

Perhatikan bagaimana pesulap yang pergi kemana-mana menggunakan kendaraan, namun saat melakukan atraksi mereka bisa melakukan efek “teleportasi” yakni efek perpindahan antar waktu dan tempat dalam sekejap tanpa kendaraan.

Perhatikan juga bagaimana pesulap seolah-olah bisa memproduksi uang dari balik tangan atau peralatan yang dibawanya. Padahal dia sendiri sebenarnya melakukan show adalah demi bayaran sejumlah uang.

Dan perhatikan bagaimana seorang pesulap mentalis yang mungkin nilai matematikanya waktu sekolah rendah namun bisa berhitung lebih cepat dari juara olimpiade matematika.

Semua itu tentu karena ilusi yang dia ciptakan dengan trik tertentu.

Demikian pula dengan apa yang ingin saya bahas nanti. Saya sendiri bukan seorang ahli sastra, bukan pula jago berpantun, namun saya memiliki beberapa trik yang bisa menciptakan “ilusi” seolah-olah saya ini pandai berpantun.

Trik-trik inilah yang ingin sedikit (hanya sedikit) saya bagikan kepada teman-teman di Rumah Seniman. Sebenarnya sih sebagian mereka sudah ada yang pernah saya ajari, namun tentu tak ada salahnya jika saya ulang kembali dalam siaran live nanti.

Yang namanya bongkar trik, saya tahu konsekuensinya. Apa itu? Yakni respon khalayak yang nanti kemungkinan akan berkata: “Ah, cuma begitu saja ternyata. Nggak hebat triknya. Kalau cuma begitu sih gampang.”

Ya, itulah trik… Ia akan menjadi ajaib bila belum diketahui rahasianya. Dan akan disepelekan ketika sudah dibocorkan. Makanya saya tidak akan membocorkan seluruhnya. Dan lagi pula, sekedar tahu trik tidak akan membuat orang hebat dan langsung mengalahkan kita jika ia tak belajar dan berlatih bagaimana cara menerapkan trik yang hanya sebuah teori tersebut dengan benar.

Pengetahuan itu penting, tapi praktek dalam mengamalkan ilmu itu lebih penting lagi. Itulah kehidupan, “Selalu ada RAHASIA dibalik RAHASIA”

Wallahu a’lam

Abdillah
Abdillah