Silat Ataukah Kuntau?

Di daerah kami “Silat” itu ya kurang lebih sama saja maknanya dengan “Kuntau”. Makanya orang tua kami menyebut orang “Bersilat” itu dengan istilah “Bakuntau” (ber- kuntau).

Jadi jika ada yang bertanya PAGAR BUANA itu SILAT ataukah KUNTAU… Silahkan disebut yang mana saja, tidak masalah. Kalau pakai bahasa daerah kami ya Kuntau… Jika mengunakan istilah umum (lebih nasional) Silat juga bisa.

Saya paham bahwa memang di negeri seberang sana ada aliran yang disebut Kun tau/ Kun tow (atau bagaimanalah penulisannya) … Namun di daerah kami… Dalam perkembangan budaya yang panjang, semua kegiatan olah raga bela diri secara umum disebut BA KUNTAU.

Ya, mungkin mirip-mirip dengan penyebutan HONDA oleh masyarakat kita. Biar merk nya SUZUKI atau YAMAHA, tetap juga disebut HONDA. Padahal HONDA sebenarnya merk tersendiri. Gitu….

Contoh yang lebih unik lagi (dan sepertinya disengaja) adalah salah satu film nya Jacky Chan yang berjudul KARATE KID… padahal isinya adalah film KUNGFU. Kenapa tidak diberi judul KUNGFU KID saja kan?  He he he….  Pasti ada maksud khusus.  🙂

Yang mau belajar kuntau dalam waktu singkat… Silahkan kunjungi fanpage berikut ini:

https://www.facebook.com/Workshop-Sehari-PAGAR-BUANA-1848219668743027/

Wallahu a’lam

Abdillah
Abdillah