Setiap Anda Istimewa

“Wah, cerita hidupmu ini sangat bagus kalau ditulis. Bisa menjadi inspirasi buat orang banyak.”

Demikian (kurang lebih) yang sering saya sampaikan kepada mereka yang ingin kisah hidupnya ditulis menjadi sebuah buku. Apakah saya sedang ‘memujungi’ atau menjilat agar orang tersebut senang lalu mengorder jasa saya menyusun redaksinya? Kalau dibilang menjilat dalam konteks yang negatif ya tentu tidak lah. Tapi kalau ditanya, apakah itu bahasa promosi untuk menarik pemakai jasa, iya.

Saya tidak sedang ‘memujungi’ dengan melebih-lebihkan, apalagi sampai berbohong. Tidak! Naudzubillahi min dzalik. Apa yang saya katakan itu adalah fakta yang sesungguhnya dan saya tidak sedang menipu costumer saya.

Saudaraku pernyataan saya itu selain merupakan bentuk penghargaan kepada sesama manusia juga merupakan kenyataan yang jarang disadari oleh banyak orang. Kita sering menganggap remeh dan tidak sadar bahwa sesungguhnya setiap kita itu unik. Demikian pula perjalanan hidup kita di tiap episodenya adalah istimewa. Bahkan kejadian yang mirip atau hampir sama dari beberapa orang pun pasti ada sisi-sisi khas nya masing-masing.

Apalagi jika kejadian itu ditulis dan disajikan dengan bahasa yang tersusun baik, ia akan menjadi indah dan menarik buat dibaca. Nah, disinilah peran juru tulis yang memiliki jiwa sastra. Ia tak sekedar bisa membuat kalimat dengan struktur “subjek-predikat-objek-keterangan” saja. Juga tak hanya menguasai pemakaian tanda baca dengan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia saja. Ia harus pula memiliki rasa seni dan kemahiran memainkan perpaduan kata menjadi sebuah bacaan yang bisa menyentuh hati pembaca. Malah tak jarang ada penulis yang tulisan aslinya sangat buruk dalam pemakaian tanda baca namun begitu menyentuh perasaan karena kepiawaiannya memainkan kata-kata.

Untuk penulis yang memiliki keterampilan seperti ini, dia bisa mempekerjakan editor bahasa untuk menyempurnakan kaidah penulisan dan pemakaian tanda baca dari karya yang dibuatnya.

Nah, kembali ke soal kisah hidup manusia. Siapapun anda adalah pelaku utama dalam kisah sejarah dari kehidupan anda dan keluarga anda sendiri. Kisah anda pasti istimewa, asal anda bisa menceritakanya dari sudut yang pas dan gaya bahasa yang tepat. Bahkan dari sebuah kejadian singkat yang anda alami sehari-hari saja, bisa lahir sebuah tulisan yang menceritakannya dengan bahasa yang ‘renyah’ dan bumbu kata-kata yang ‘lezat dan gurih’.

Kejadian anda bangun tidur sampai siap untuk berangkat ke kantor saja misalnya, akan kaya dengan hal-hal menarik asalkan anda jeli memandang dan mengulasnya. Penasaran? Mari hubungi saya untuk membantu menuliskan pengalaman yang mungkin anda anggap biasa saja menjadi istimewa, penuh hikmah dan yang penting juga menarik untuk dibaca.  🙂

Wallahu a’lam

25/08/2016

Abdillah
Abdillah