Semoga Kondisi Ekonomi Negeri Semakin Membaik

Banyaknya orang berjualan menandakan roda ekonomi di masa pandemi ini sudah mulai berputar. Ya, walaupun putarannya itu masih sangat mengkhawatirkan. Karena meski sudah banyak yang berjualan, namun daya belinya yang masih kurang.

Artinya kemungkinan usaha-usaha kecil itu gulung tikar alias bangkrut masih cukup besar. Apalagi bila kemarin usaha dibuka dengan modal dari hutang, maka kemungkinan lebih terpuruk masih ada.

Namun kemungkinan buruk ini jangan pula membuat kita takut berusaha. Yang namanya ikhtiar ya tetap harus dijalankan. Hanya saja, perlu berhati-hati dalam pengeluaran. Perlu dipertimbangkan benar-benar mana yang memang harus dibeli dan mana yang tidak terlalu mendesak untuk diadakan.

Kita telah berada di akhir tahun 2020 dan akan memasuki tahun 2021. Entah bagaimana keadaan pandemi dan kondisi ekonomi bangsa kita, apakah akan membaik atau malah semakin memburuk?

Harapan serta doa kita tentunya semoga pandemi segera berhenti dan kehidupan kembali membaik. Baik itu kehidupan duniawi kita lebih-lebih kehidupan spiritual rohani kita. Dan semoga bangsa ini menjadi semakin bertakwa, menjalankan hukum-hukum yang diturunkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin

Abdillah Syafei

Abdillah
Abdillah