Semangat Baru; Mari Tinggalkan Kesombongan

JENDELA NURANI: Tahun baru dengan semangat baru? Ayo lebih baik lagi di 2017 ini. Kita tingkatkan hal-hal positif dan kita tinggalkan hal-hal buruk dalam hidup ini. Mari perkuat aqidah dan perbanyak amal shalih. Dan yang penting juga adalah meninggalkan sifat-sifat tercela,  diantaranya sikap sombong kepada mahluk dan khaliq.
Kesombongan dan keangkuhan adalah dosa yang menyebabkan Iblis dikutuk dan diusir dari kenikmatan surga. Dan jika kita lihat kekufuran seseorang  sering dimulai dari kesombongan yang ada pada dirinya. Dengan kesombongannya dia menolak hukum-hukum Allah. Yang HARAM ia ambil dan yang HALAL dia sepelekan atau bahkan ditinggalkan. Apalah lagi hal-hal yang WAJIB, tentu lebih dia tentang.

Inilah keburukan sesungguhnya pada diri manusia. Ketika dia tidak mampu mengendalikan hawa nafsu karena mengikuti bisikan syaithan, iapun berupaya mencari dalil dan dalih untuk memuaskan hawa nafsunya tersebut meski hal itu bertentangan dengan ajaran agama yang dianutnya. Ia menjadi manusia yang sombong, bahkan tidak hanya kepada manusia, tapi juga kepada Allah Yang Maha Kuasa.
Buktinya apa? Buktinya hukum agama yang sudah jelas tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi Shalallahu Alaihi Wa Salam pun dia ingkari. Seakan tidak ada rasa takut di hatinya terhadap kemurkaan Allah. Seolah bagi dirinya Allah itu tak memiliki kuasa untuk meng-azab dia atas segala dosa dan menentangannya. Apakah ini bukan SOMBONG namanya?
Semoga kita dan seluruh bangsa terhindar dari sikap sombong.. Aamiin
Wallahu a’lam
Abdillah
Abdillah