Diskusi ringan dengan pak Yusan Triananda mengenai aneka permasalahan kota Samarinda sangat menyenangkan. Banyak ilmu dan ide-ide baru yang tercetus dari ucapan tokoh pengusaha yang bicaranya santai dan tidak berapi-api ini. 
Namun dari perbincangan yang santai itu kita akan bisa menangkap pemikiran yang brilian dalam menghadapi aneka permasalahan masyarakat. Soal harapan dan mimpi sesungguhnya dari rakyat kota. Soal banjir dan penanganannya. Soal bagaimana umat beragama berperan serta dalam pembangunan. Soal apa sih kebutuhan paling penting bagi rakyat yang harus diusahakan oleh pemimpinnya. Dan masih banyak lagi. 
Sayang memang tokoh cerdas seperti beliau, namun jarang mengekspos diri. Sehingga boleh jadi masih ada sebagian orang yang belum tahu kiprah beliau selama ini, ternyata beliau lebih banyak berkarya dalam bisnis serta mengabdi di dunia pendidikan dan keagamaan. Berbuat dalam senyap, tanpa banyak mengumbar kata dan mengunggah gambar atau video. 
Intinya kita harus berbenah mengatasi dan mencari solusi atas segala permasalahan kota bukan sibuk mencari kambing hitam dan menghujat kiri-kanan. Karya nyata lebih dibutuhkan oleh masyarakat kota. Masih terbentang harapan di depan kita untuk menjadikan kota kita yang selogannnya teduh rapi aman dan nyaman (tepian) ini untuk berbenah lebih baik lagi. 
Semoga apa yang beliau sumbangsihkan bagi masyarakat kaltim (bukan hanya samarinda).selama ini tak pernah kendor meski apapun yang terjadi. Karena karya-karya nyata memang lebih penting dan berguna dibanding koar-koar penciteraan semata… Aamiin. 
Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *