Menyuarakan Kebenaran

Jika kebenaran yang kau suarakan pasti kaum fasik akan mendengki. Jika kedzaliman yang kau lawan pasti para munafiq akan mencaci. Jika harga diri, kehormatan dan nama baikmu yang kau bela dengan shahihnya fakta, tentu kedengkian mereka akan semakin membara.
Apalagi orang-orang yang sudah terlanjur meremehkan, tentu mereka tak rela jika kau menang dan dalam kebenaran. Maka, janganlah pernah lelah berjuang di atas Al Haq. Teruslah memupuk ketaqwaan, karena dengan taqwa itulah kau pasti beroleh kemenangan. Taat lah selalu pada Allah dan RasulNya.
وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
“Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS Al-Ahzab: 71)
Meraih kemenangan, selain naluriah manusia, juga kewajiban bagi seorang hamba. Meskipun syubhat yang dihembuskan oleh syaithan baik dari golongan jin dan manusia selalu berusaha melemahkan semangatmu. Dengan tipuan kata-kata nan indah, terkesan arif dan bijak, namun berusaha memalingkanmu dari perlawanan terhadap kedzoliman
“Ah tiada gunanya saling menjatuhkan, tak perlu berlebihan sok membela kebenaran. Biarkan saja mereka berbuat buruk jangan hiraukan.”
Dan aneka ungkapan yang bertujuan melemahkan semangat kita membela kebenaran, mencegah kesesatan, bahkan meluruskan fitnah dan tuduhan. Ungkapan beracun yang menginginkan kita pasrah dengan segala kedzoliman dan menjadi murji’ah yang tak perduli pada keadaan.
وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِىٍّ عَدُوًّا شَيَٰطِينَ ٱلْإِنسِ وَٱلْجِنِّ يُوحِى بَعْضُهُمْ إِلَىٰ بَعْضٍ زُخْرُفَ ٱلْقَوْلِ غُرُورًا ۚ وَلَوْ شَآءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ ۖ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ
Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (QS. Al An’am:112)
Semoga kita selalu diberi kemampuan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengemban amanah Amar Makruf Nahi Munkar dan selalu berada di atas jalan kebenaran hingga seluruh jatah kehidupan kita di dunia ini hanya berada dalam kebaikan… Aamiin
Wallahu a’lam
Abdillah
Abdillah