Mengalahkan diri sendiri itu maksudnya adalah mengalahkan ‘potensi keburukan’ yang ada di dalam diri. Kita harus menyadari bahwa dalam setiap diri kita memiliki potensi buruk dan potensi baik. Potensi buruk inilah yang harus dilawan dan dikalahkan karena ia bisa merusak nilai-nilai kebaikan yang ada.

Mengapa disebut mengalahkan diri sendiri? Karena unsur dominan dari potensi keburukan itu adalah egoisme (sikap ke Akuan) yang sering menyebabkan manusia tidak perduli dan tidak memilihki empati kepada mahluk Allah yang lainnya.

Mengalahkan diri sendiri, adalah dengan melakukan pengendalian emosi, akal dan perasaan. Dan ia hanya bisa dilakukan dengan kekuatan iman. Selain itu memperbesar potensi kebaikan dan yang notabene adalah lawan dari keburukan itu, tentu akan semakin menetralisir piensi keburukan tersebut.

Semoga dengan memperbanyak ilmu, pengalaman dan pergaulan dengan orang-orang baik, akan mengkondisikan jiwa dan raga kita menjadi kuat untuk mengendalikan sisi negatif dalam diri masing-masing. Sungguh mengembangkan sikap kebaikan itu butuh kondisi dan cara yang mendukung.

Kota tepian 10 Juni 2020

Wallahu a’lam

Abdillah Syafei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *