Alhamdulillah. Salah satu hal yang saya syukuri dari keberadaan medsos, khususnya facebook adalah mempermudah terjalinnya silaturahmi dengan keluarga yang berada di tempat jauh. Hanya dalam hitungan detik kami bisa saling menyapa, bertukar kabar dan bercanda menyegarkan suasana. 
Kalau membayangkan kondisi jaman dulu, ketika belum ada medsos, jelas sangat terasa sekali bedanya. Dulu untuk mengetahui kabar keluarga saya yang di Handil (Muara Jawa) misalnya, harus meluangkan waktu beberapa hari buat mengunjungi mereka. Namun saat ini, tinggal buka facebook atau bertanya di grup WA, sudah diketahui kondisi keluarga disana.
Bahkan kadang kala saya lebih tahu keadaan keluarga yang jauh dibanding yang masih tinggal satu kota namun tak memiliki akun medsos, atau yang lagi kehabisa paket internet. 😀
Bukan hanya itu. Berapa banyak juga, keluarga dan kerabat yang dulunya tidak saling kenal di kehidupan nyata (mungkin karena terpisah jarak)  malah menjadi akrab gara-gara terhubung melalui media sosial. 
Ituah berkah kemajuan teknologi. 
Namun demikian tentu tak semuanya berdampak positif. Ada pula hal-hal kurang bagus gara-gara keberadaan medsos ini. Diantaranya kurangnya motivasi untuk saling mengunjungi secara fisik karena sudah merasa sering berkomunikasi dan sudah saling tahu kabar masing-masing. 
Selain itu juga, kadang huhungan kekerabatan sedikit terganggu gara-gara sindir menyindir postingan ataupun perdebatan di media sosial. 
Namun secara umum, dalam konteks hubungan keluarga, manfaat media sosial memang masih jauh lebih besar dibanding mudharat yang ditimbulkannya. Sehingga tetap lebih bagus kita bermedsos dalam rangka menyambungkan tali silaturahmi dibanding tidak bermedsos. Tinggal sekarang bagaimana kita bersikap lebih dewasa dan bijaksana dalam menghadapi sedikit atau banyak perbedaan karakter keluarga kita. 
Semoga saya dan kerabat serta sahabat saya sekalian bisa memanfaatkan media sosial ini dengan sebaik-baiknya… Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *