Masker Menyebabkan Kita Kehabisan Oksigen?

Apakah dengan memakai masker, maka kita akan kehabisan oksigen sehingga akhirnya terpaksa menghirup karbon dioksida?

Benar, kalau masker yang kita pakai berbahan plastik dan dipasang ke wajah dengan rapat menggunakan plester (lakban). Namun kalau maskernya berbahan kain yang memiliki pori-pori, maka saya percaya kita tetap menghirup oksigen, hanya saja lebih tersaring dari kotoran dan debu.

Memang sih ada perasaan pengap bagi yang tidak biasa dan yang cara memasang maskernya salah. Namun kalau sudah benar cara memakainya dan sudah terbiasa insya Allah tidak kesulitan bernapas.

Seperti para saudari kita yang bercadar misalkan. Pada awalnya memang terasa agak pengap mungkin, namun kalau sudah terbiasa mereka menjadi nyaman. Demikian pula bagi kita yang pengendara sepeda motor. Biasanya selain mengenakan jaket dan sarung tangan juga melengkapi diri dengan masker (penutup mulut dan hidung).

Jadi memang dibutuhkan pembiasaan untuk menyesuaian diri dengan masker. Namun yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih masker, pilihlah yang memiliki pori-pori agar fungsinya benar-benar sebagai penyaring udara dan jangan sampai jadi pengumpul karbon dioksida.

Wallahu a’lam

Abdillah
Abdillah