Kedzoliman Itu Akan Terbalas dari Dunia Hingga Akhirat

Yang gagah dan perkasa akan ringkih dan tidak berdaya. Yang cantik dan tampan akan layu dimakan usia. Yang berkuasa akan berakhir dan menjadi orang biasa.
Yang muda akan menjadi tua lalu mati.

Itulah sebuah kepastian yang akan selalu terjadi di dunia ini. Berulang terus hingga hari kiamat tiba. Semua orang tahu dan menyadari semua itu namun sangat sedikit sekali yang menjadikannya pelajaran.

Selalu saja ada orang yang sombong dan angkuh dengan kegagahan, ketampanan, kecantikan dan pangkat ataupun kekuasaannya. Nafsu serakah telah membuatnya lupa diri dan bertindak sekehendak hati.

Saat gagah dan kuat, saat berkuasa dan memegang harta banyak, tak jarang orang menjadi lancang berbuat sekehendak hati bahkan sampai mendzolimi orang lain. Tak pernah dipikirkannya, bagaimana jika semua kelebihan yang sudah Allah titipkan itu dicabutNya suatu saat nanti?

Bukan hanya persoalan dosa sebab kedzoliman tersebut, bahkan konsekuensi duniawi sekalipun tak lagi diingat-ingat. Ia lupa bahwa ada masanya ialah yang akan menjadi pihak yang lemah, lalu orang lainpun juga bisa berbuat dzolim kepada dirinya.

Maka kedzoliman itu akan terbalas baik saat masih hidup di dunia, saat mati di alam kubur, maupun dalam kehidupan terakhir di akhirat sana.

Wallahu a’lam

Abdillah
Abdillah