Kami Juga Tidak Sempurna

Kami yang hobi menulis kalimat-kalimat motivasi, anjuran kebaikan, dan ajakan untuk menjadi muslim yang shalih. Bukan berarti kami sudah paling hebat, paling baik dan paling shalih. Justeru karena kami ingin mengingatkan diri kami sendiri untuk terus giat berjuang mencapai kebaikan dan keshalihan itu. Ya, karena mungkin kami sendiri sebenarnya masih belum mencapai predikat tersebut.

Kami hanya bisa memulai kebaikan itu dari ucapan atau tulisan. Harapannya tentu untuk kemudian tulisan dan pernyataan itu bisa membekas ke jiwa kami sendiri sehingga kami tergerak lebih cepat dan lebih giat mengamalkannya… Aamiin.

Jikapun belum bisa menjadi orang dengan kondisi jiwa dan amaliah yang paling baik dan shalih, paling tidak kami ingin perkataan (dan tulisan) kami tidak mengajak kepada keburukan. Jika berkata/menulis kebaikan saja enggan, bagaimana akan berbuat? Demikian kira-kira alasan kami.

Saudaraku, jika menunggu diri sempurna menjadi orang shalih dan baik, lalu kapan kita bisa berdakwah atau minimal menyuarakan kebaikan itu? Karena sepanjang hidup, selama kita masih bernama manusia, kita tak akan pernah menemukan kesempurnaan diri. Maka sungguh beruntung jika kita bisa memulai kebaikan itu dari yang paling ringan, paling mudah dan paling segera kita kerjakan.

Yang penting kita jangan pernah merasa sudah cukup berbuat. Selama masih ada sisa usia kita, maka selama itu pula kita harus terus mencari dan memperjuangkan kesempurnaan.

Kami jarang mau terlibat dalam konflik dan ikhtilaf. Bukan karena kami tak punya pendirian atau cari aman agar tak bermasalah dengan semua pihak. Siapa bilang sikap ‘tawaquf’ kami dalam soal khilafiyah ini tak membawa masalah. Yang ada justeru kadang semua pihak yang berseberangan sama-sama mencurigai kami lantaran kami tak mau ikut membantah (apalagi mencela) ‘lawan’ mereka.

Inilah ketegasan, inilah pendirian, dan inilah sikap yang sementara ini kami pertahankan. Jika tak mampu menyatukan dan mandamaikan, paling tidam kami tak ikut mempericuh perdebatan.

Wallahu a’lam

Abdillah
Abdillah