Jomblo Yang Mulia

Jodoh memang takdir Allah Subhanahu wa ta’ala. Jodoh tidak ada hubungannya dengan wajah ganteng dan cantik kecuali sebatas ikhtiar manusia.
Marilah kita perhatikan di sekeliling kita, begitu banyak orang yg berwajah ganteng dan cantik tetap mejomblo di usia matang. Semetara berapa banyak orang yang berwajah paspasan atau bahkan (maaf) disebut orang JELEK, namun ia cepat mendapat pasangan hidup. Bahkan sebagian sudah beberapa kali menikah (baik yg poligami maupun yg kawin -cerai).
Demikian pula halnya kebangsawanan dan harta buka jaminan jodoh seseorang.
Oleh karena itu wahai saudara dan saudariku yg masih belum menemukan (atau ditemukan) pendamping hidupnya, janganlah berputus asa ataupun kecewa. Apalagi sampai marah kepada keadaan lalu terjerumus dalam kemaksiatan. Sungguh yg kalian alami bukanlah kehinaan. Pasti ada banyak hikmah dan kebaikan yang Allah selipkan dalam setiap keadaan.
Tugas kita adalah mengabdi kepadaNya. Dengan cara apa? Dengan bersabar dan ridho menerima taqdir, mempergigih ikhtiar, dan memperbanyak do’a kepadaNya.
Sungguh, hina dan mulianya manusia bukan dari status jomblo atau menikahnya ia. Tapi dari seberapa ia mencintai dan dicintai Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan jalan kemuliaan itu bisa jadi lewat kesabaran saat menjomblo atau bakti kita dalam rumah tangga.
Wallahu a’lam
25/12/2014
JENDELA NURANI
(Abdillah Syafei)
Abdillah
Abdillah