Hati-Hati Kualat Pada Waliyullah

“Beginilah resiko orang memperjuangkan kebenaran, akan diserang oleh orang-orang jahat  dan sesat,”

Mungkin kita sering membaca dan mendengar ungkapan semacam itu. Ya, itu adalah kalimat yang haq. Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri yang pernah menyampaikan itu kepada kita orang beriman, bahwa kaum kafir dan munafiq tak akan pernah berhenti memusuhi dan menyerang kita. Orang kafir memang ingin memadamkan cahaya agama Allah.

يُرِيدُونَ أَنْ يُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَيَأْبَى اللَّهُ إِلَّا أَنْ يُتِمَّ نُورَهُ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

“Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai.” (QS:At-Taubah | Ayat: 32).

Namun sayangnya banyak diantara kita yang menempatkan kalimat shahih tersebut pada tempat yang tak semestinya. Misalnya? Saat seorang diantara kita ada yang lisannya suka lancang mencela dan menghina ulama, bahkan menebarkan tuduhan dusta. Lalu para pengikut ulama tersebut marah dan melakukan protes keras, kitapun lalu menggunakan ungkapan tersebut di atas sebagai alibi atas kesalahan kita.

Mestinya kita khawatir, bahwa ucapan ataupun perlakuan  buruk yang terjadi bukanlah lantaran kita berada di atas kebenaran dan mendapat serangan dari pendukung kejahatan. Justeru jangan-jangan kita mengalami kemalangan, nama baik runtuh dan harga dirinya jatuh merupakan akibat kejahatan kita sendiri.

Boleh jadi ini adalah balasan kontan atas dosa kita yang telah banyak menjelek-jelekan dan membunuh karakter para ulama ataupun Ustadz lain. Bahkan kesalahan kepada penuntut ilmu yang masih bodoh sekalipun bisa saja berujung musibah karena doa orang yang terdzalimi tersebut.

Semoga Allah menjaga lisan dan perbuatan kita agar tak tergoda untuk sembarangan menyesatkan dan menghina orang lain, apalagi yang lebih berilmu dan lebih shaleh dari diri kita. Semoga kita dijauhkan dari “kualat” kepada wali-wali Allah Jalla wa a’la… Aamiin

JENDELA NURANI
(Abdillah Syafei)

🌸🌸🌸🌸🌸

Boleh dicopas tanpa menyebut nama .

Telegram:
https://t.me/joinchat/AAAAAEPW9hAcvKKl5cS2Jg

Fp. Facebook:
https://www.facebook.com/abdillah.syafei/

Watsapp:
https://chat.whatsapp.com/2ybZUPln3heIqLdi6o4iYH

Youtube:
https://www.youtube.com/channel/UCyA65dnm8Xhfe9bOOnoTUPA

Abdillah
Abdillah