Fitrah Berorganisasi

Kalau nggak salah, organisasi terkecil dalam masyarakat itu adalah keluarga. Dan secara fitrah kita adalah mahluk sosial yang pasti membutuhkan kerjasama dengan orang lain. Jadi, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka kita pasti akan selalu berorganisasi dalam hidup ini.

Bahkan dalam haditsnya Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam mengumpamakan sesama muslim itu laksana satu tubuh. Hal ini beliau sebutkan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Nu’man bin Basyir berbunyi:

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى (رَوَاهُ مُسْلِمٌ).

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam”. (HR. Muslim).

Terkandung makna bahwa antara satu dengan lainnya kita saling memerlukan dan membutuhkan kerjasama. Tidak bisa saling berlepas diri dalam hal ini dengan sesama muslim.

Saat beberapa orang muslim nelakukan safar (perjalanan) saja misalkan, kita disuruh menunjuk seorang pemimpin/ketua rombongan, sebagaimana hadits:

إِذَا كَانَ ثَلاَثَةٌ فِيْ سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوْا أَحَدَكُمْ.

“Jika tiga orang (keluar) untuk bepergian, maka hendaklah mereka mengangkat salah seorang dari mereka sebagai ketua rombongan.”  (Shahih: Diriwayatkan oleh Abu Dawud)

Lalu kerjasama itu hanya akan bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan semua pihak manakala dibuat aturan-aturan yang menjadi rambu interaksi. Bukan itu saja… Ketika kerjasama itu melibatkan banyak orang, maka perlu ditunjuk posisi pemimpin dan struktur kewenangan didalamnya.

Inikan organisasi?

Menurut wikipedia Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon – alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

Masih menurut wikipedia: Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.

Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Ya, sekumpulan manusia yang membangun kerjasama dan menunjuk para pengurus untuk menangani urusan bersama itu merupakan bentuk dari sebuah organisasi. Hanya saja ada yang sadar bahwa kelompok mereka merupakan organisasi dan ada yang tak menyadarinya.

Bahkan lucunya loyalitas yang bersifat ekstrim terhadap kelompok pun terkadang tak disadari oleh individu yang tak suka atau (malah) anti berorganisasi. Dan ini bisa dialami setiap kita. Jadi,  mengharamkan berorganisasi secara mutlak jelas mengingkari fakta dan realita. 

Wallahu a’lam.
Abdullah Syafei

Fp. Facebook:
https://www.facebook.com/abdillah.syafei/

Watsapp:
https://chat.whatsapp.com/2ybZUPln3heIqLdi6o4iYH

Youtube:
https://www.youtube.com/channel/UCyA65dnm8Xhfe9bOOnoTUPA

Telegram:
https://t.me/joinchat/AAAAAEPW9hAcvKKl5cS2Jg

Abdillah
Abdillah