Facebook Anda Tiba-Tiba Memposting Hal Tak Senonoh? Begini Cara Menghindarinya

Bila sahabat dan kerabat sekalian khawatir akun medsosnya tiba-tiba memposting sesuatu yang tidak senonoh dan menandai banyak orang dengan penandaan yang ‘bar-bar’, maka salah satu jalan terbaik untuk mencegahnya adalah dengan tidak “mengklik” tautan yang disitu kita ditandai oleh postingan orang lain.

Menurut orang yang ahli permedsosan, khususnya facebook, penandaan otomatis itu bisa terjadi lantaran kita terlanjur mengklik tautan yang diposting oleh akun lain yang menandai kita sebelumnya.

Biasanya kita menyangka bahwa itu tautan video, gambar, atau artikel, padahal ia mengarah ke sebuah aplikasi yang mana aplikasi tersebut mencuri “data login” kita. Sehingga ia kemudian dapat mengirim postingan atas nama kita juga.

Kebocoran data login ini juga bisa saja terjadi melalui aplikasi hiburan yang sering kita gunakan buat iseng. Misalnya menebak karakter, mendeskripsikan sifat, atau kutipan pernyataan tokoh tentang kita, dan lain sebagainya.

Pasti sahabat dan kerabat sering melihat postingan yang berjudul “apa karakter hewanmu?” atau “Siapa yang diam-diam membaca postinganmu?” dan lainnya yang sejenis. Atau bahkan permainan game yang kita mainkan di facebook yang juga seperti menandai kawan-kawan kita.

Aplikasi-aplikasi yang demikian mungkin tidak akan menfitnah anda dengan penandaan yang tak senonoh karena kebanyakan sudah mendapat izin dari pihak medsos (facebook) namun paling tidak telah mengakses beberapa.data penting anda.

Meski demikian kita tidak tahu dari ribuan aplikasi baik yang resmi maupun tidak resmi apakah ada yang menggunakan data kita secara baik atau tidak. Oleh karenanya alangkah baiknya kita berpikir panjang sebelum menggunakan berbagai permainan yang bisa mengakses data kita.

Kembali ke penandaan yang tak senonoh. Sebaiknya jangan diklik bila kita mengalaminya. Karena memang kadang kala judul, gambar dan tulisan yang menyetainya membuat kita penasaran, sehingga tanpa sadar kita klik dan kita masuk dalam jebakan pancingan (phising) dari aplikasi tersebut.

Berikut pengertian phising yang saya kutip sari sebuah situs:

“Phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Istilah resmi phising adalah phishing, yang berasal dari kata fishing yaitu memancing.

Kegiatan phising memang bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi secara sukarela tanpa disadari. Padahal informasi yang dibagikan tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan. “

Wallahu a’lam

Samarinda, 20 April 2021

Penjelajah Waktu

Abdillah
Abdillah