Enjoy Bermedsos

Medsos (online) itu dunia yang sangat luas dan sangat bebas melebihi dunia nyata (offline). Siapapun bisa menulis ‘apapun’ dan berkomentar ‘apapun’. Tidak ada batasan antara yang profesor dengan lulusan SD. Tidak jelas  sekatnya antara ulama dengan awam, kaya dengan miskin,  bahkan tua dengan muda. 

Jadi saat anda memposting sesuatu jangan berharap bahwa komentar yang masuk juga pasti nyambung. Kadang ada yang posting soal sepatu komentarnya soal kaos kaki. Masih mending antara sepatu dengan kaos kaki masih bisa dihubung-hubungkan. Kadang anda posting soal makanan komentarnya tentang politik. Jauh panggang dari api.

Menyikapi dinamika dan warna-warni penduduk medsos seperti itu, ya kita harus banyak-banyak maklum. Jangan dijadikan beban pikiran, meski boleh saja dianggap serius. Serius, maksudnya semua dijadikan ilmu dan penambah wawasan dalam memahami psikologis manusia. 

Jadikan sebagai sarana mempertinggi kebijaksanaan. Karena dari aneka komentar “tak nyambung” itu boleh jadi ada poin-poin yang awalnya kita belum tahu akhirnya menjadi tahu. Atau minimal kita bisa menjadikannya hiburan untuk menghilangkan kejenuhan. Jangan sebaliknya malah membuat stres dan naik tekanan. 

Wallahu a’lam

Abdillah
Abdillah