Bila Diremehkan dalam Kelompok

Pernah merasa nggak dianggap alias diremehkan dalam komunitas, kelompok atau organisasi yang sedang anda ikuti? Padahal sebenarnya anda punya potensi besar yang bisa mendukung kemajuan kelompok tersebut?

Sahabat dan kerab yang budiman…

Jangan memaksakan diri  untuk ‘diterima’ dan dihargai di sebuah komunitas, karena bisa jadi di komunitas lain kau justeru sangat dibutuhkan dan diharapkan.

Ya, adakalanya apa yang kau rencanakan tak selalu sesuai dengan kenyataan. Kau ingin memberikan loyalitas dan pengabdian di suatu ‘tempat’ namun yang diperoleh adalah peremehan. Dan mungkin saja pengorbananmu tidak dianggap bahkan dilecehkan.

Tak perlu sakit hati, kecewa ataupun marah karena itu bukan tanda anda tidak dibutuhkan. Itu hanya soal ‘jodoh’ dan kecocokan. Juga soal rasa syukur mereka atas bantuanmu.

‘Hijrahlah’, cari tempat yang lebih subur bagi tumbuhnya pohon pengabdianmu. Bumi Allah ini luas, dunia tak selebar daun jendela, dan ladang pengabdian itu bertebaran di mana-mana.  Akan ada tempat dimana mereka membutuhkan anda dan merekapun sadar akan itu. Sebab boleh jadi di tempat terdahulu sebenarnya mereka sangat butuh kepada anda, namun mereka saja yang   tidak menyadarinya. Nanti pada saat anda tidak bersama,  barulah mereka merasakan betapa berharganya diri anda. Hingga merekapun merasa kehilangan.

Jangan memaksakan diri untuk diterima, dihargai dan disambut kebaikanmu. Lebih baik kau palingkan wajah pada mereka yang sudah lama merindukan kehadiranmu, beri mereka senyuman termanismu, hampiri dan lepaskan kerinduan mereka. Mungkin di situlah tunas pengabdianmu akan tumbuh subur dan menjadi pohon ‘amal’ yang besar.

Daripada anda memaksakan menanam bakti di lahan yang kering kerontang tanpa air silaturahmi, tanpa pupuk ukhuwah yang bagus dan tanpa diperdulikan, lalu tumbuh kerdil menjadi Bonsai tanpa keikhlasan.

Wallahu a’lam

JENDELA NURANI
(Abdillah Syafei)

*
Telegram:
https://t.me/joinchat/AAAAAEPW9hAcvKKl5cS2Jg

Fp. Facebook:
https://www.facebook.com/abdillah.syafei/

Watsapp:
https://chat.whatsapp.com/2ybZUPln3heIqLdi6o4iYH

Youtube:
https://www.youtube.com/channel/UCyA65dnm8Xhfe9bOOnoTUPA

Abdillah
Abdillah