Jadi, salah satu profesi saya adalah membantu orang-orang pintar dalam menarasikan buah pikiran mereka.

Maksudnya?
Begini….

Saya tahu bahwa banyak manusia yang memiliki otak cerdas, pemikiran jenius dan ide-ide cemerlang. Orang-orang cerdas ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa. Bagaimana tidak… Kesulitan banyak orang begitu mudah dia pikirkan pemecahannya. Hal-hal yang bagi kebanyakan manusia sulit, eh menjadi simple dalam argumen dia.

Sayangnya tidak sedikit dari orang-orang berotak brillian ini memiliki kelemahan dalam menyusun redaksi. Literasi mereka tidak terlatih. Diantaranya karena memang tidak biasa menulis atau bisa menulis namun tidak punya kesempatan (sibuk).

Nah, anda yang merasa memiliki keterbatasan waktu ataupun kemampuan untuk menuangkan ide dan gagasan cemerlangnya kedalam bentuk tulisan bisa menghubungi saya. Insya Allah saya bisa membantu mentranskrip isi pikiran anda dengan bahasa yang lebih enak dibaca dan lebih mudah dipahami khalayak.

Siapa sih saya kok berani-beraninya menawarkan jasa penyusunan redaksi?

Yang jelas saya bukan penulis terkenal, bukan tokoh populer, dan bukan pula seorang ilmuan. Ijazah saya saja hanya S1. Itupun jurusan agama, bukan jurnalistik atau bahasa. Namun alhamdulillah saya sudah banyak menulis buku baik untuk diri sendiri, instansi, maupun tokoh.

Siapa saja tokoh yang sudah saya bantu? Untuk pertanyaan ini tidak bisa saya jawab di sini. Namun nanti kalau kita ketemu langsung saya akan sebutkan siapa saja mereka. Saya harus menjaga nama baik klien saya.

Tapi yang boleh anda tahu sedikit dari diri saya supaya ada kepercayaan awal, diantaranya adalah bahwa saya mantan jurnalis yang sudah menekuni dunia media massa lebih dari seperempat abad. Sejak tahun 90-an saya menulis di beberapa koran daerah diantaranya Manuntung, Suara kaltim, Samarinda Pos dan Kutai Baru (poskota kaltim).

Belum lagi tabloid dan majalah berkala baik yang diterbitkan oleh swasta maupun lembaga pemerintahan. Sebutlah Tabloid Jendela Pendidikan yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Majalah Ar Ridho, Tabloid Suara Rakyat, Koran Express, dan puluhan tabloid serta majalah lainnya.

Dalam kepenulisan saya pernah meraih Juara Umum Nasional Lomba Penulisan Cerita Islami yang diadakan oleh Majalah An Nida Jakarta. Pernah juga menjadi juara penulisan tentangĀ  HIV/AIDS yang diadakan oleh PKBI kaltim, dan masih banyak lagi. Tapi yang cukup berkesan diantaranya adalah saya pernah menjadi finalis penulisan buku bacaan khusus guru tingkat nasional oleh pusat perbukuan nasional, dimana buku saya tersebut tentunya bisa masuk setelah menjadi juara di tingkat provinsi kalimantan Timur.

Kemudian satu lagi yang tidak bisa saya lupakan adalah ketika majalah Pantau Jakarta memasukan nama saya ke dalam daftar 60 jurnalis berprestasi tingkat nasional bersama-sama dengan jurnalis terkenal Rosiana Silalahi dan Alfito Diannova. Waktu itu hanya saya yang berasal dari Kalimantan Timur.

Nah, itu diantara prestasi yang masih saya ingat. Maklum postingan ini saya tulis spontan tanpa membuka dokumen referensi apapun, sehingga boleh jadi banyak hal yang terlewat (terlupakan).

Satu hal lagi yang mungkin perlu bapak/ibu yang tertarik untuk memakai jasa saya ketahui, bahwa dalam penyusunan teks (redaksi) tulisan, terutama buku, saya tidak semata mengandalkan pemakaian gaya bahasa sastra untuk membuat tulisan yang (insya Allah) menarik, tapi saya juga berupaya menerapkan prinsip-prinsip NLP dan hypnosis dalam menyusun dan memilih kata agar tulisan yang dibuat memiliki “kekuatan” dalam mempengaruhi pikiran “bawah sadar” pembacanya.

Tidak banyak pengalaman saya di dunia hypnosis, namun saat ini saya menjadi penasihat salah satu komunitas teknologi pikiran Hipnotis Samarinda Mhi, sebuah komunitas hipnotis dan sulap yang lumayan besar dan tinggi jam terbangnya dunia terapi maupun pertunjukan.

Demikian sedikit promosi saya di kesempatan sore hari ini. Semoga ada diantara orang cerdas dan cerdik pandai yang ingin menyusun buku namun tidak punya kesempatan turut membaca postingan ini. Dan kemudian merasa sangat perlu untuk memakan jasa saya.

Semoga bermanfaat….