Bersama Orang-Orang ‘Sakti’

Meski bukan seorang pesulap, namun saya bersyukur karena diajak berkumpul dengan para pesulap profesional ini. Jum’at seusai majelis bakda isya hingga jam 12 tengah malam, kami berdiskusi dan saling adu “kesaktian”.

Mereka yang ada di foto ini sebagian adalah para master yang merupakan guru sulap dari berbagai komunitas yang ada di Kalimantan Timur. Berbincang dengan mereka, apalagi membahas berbagai fenomena keajaiban sungguh sangat menarik dan sangat memperkaya wawasan.

Saya merasakan sendiri, puluhan tahun berinteraksi dengan para magician, maka yang kita bahas tak melulu tentang bagaimana kebal senjata, memanipulasi mata, membuat benda melayang dan aneka skill magician lainnya.

Dalam sulap itu ada aneka ilmu yang dibahas. Bahkan bisa dibilang semua ilmu dibahas untuk memiliki pemahaman yang baik. Mulai ilmu fisika, kimia, psikologi, publik speaking, hukum, hingga agama.

Agama juga? Ya, pasti agama juga. Karena semua teman saya yang para pesulap ini juga manusia-manusia beragama. Sehingga selain rambu-rambu hukum negara, mereka juga berdiskusi soal hukum syari’at agama.

Mulai dari hal yang nggak ada hubungannya dengan sulap seperti ibadah, rumah tangga dan percintaan hingga ke hal yang spesifik semisal image negatip pesulap yang banyak dituduh menggunakan bantuan jin dan syaithan. Juga bagaimana beberapa fenomena keajaiban itu dijelaskan dalam takaran syari’at sehingga tidak menyesatkan umat manusia.

Ya, ribuan tahun bahkan hingga kini banyak penipu di dunia perdukunan yang membual tentang ilmu kesaktian dan kekuatan ghaib dengan menggunakan bumbu trik sulap. Dan bahkan ada pula sedikit pesulap buruk yang sengaja berbual dengan mengatakan bahwa atraksi yang dia lakukan adalah merupakan ilmu ghaib atau ilmu kesaktian. Tapi biasanya pesulap seperti itu akan dikucilkan karena dianggap merusak seni sulap.

Para pesulap profesional tentu tidak akan mengklaim sesuatu yang tidak benar. Mereka akan jujur bahwa yang mereka lakukan adalah merupakan hasil belajar olah pengetahuan dan latihan keterampilan. Bahkan dengan trik sulap yang luar biasa di mata orang awam itu mereka membuktikan betapa Maha Besarnya Allah Yang telah Menciptakan akal pikiran manusia dengan segala kejeniusannya.

Mudahan pertemuan bulan mendatang ada dukungan dari para tokoh dan sponsor. Aamiin

Wallahu a’lam.

Abdillah
Abdillah