Bagaimana Mengembalikan WA Anda yang Dibajak Penipu?

Baru saja, malam ini (21/07/2021) sebuah pesan WA dari sahabat lama saya masuk, meminta tolong ditransfer sejumlah uang. Katanya besok pagi akan diganti.
Saya langsung curiga akun WA beliau dibajak orang, maka segera saya telepon dia. Dan benar saja bahwa WA nya sudah dibajak penipu. Maka saya sarankan agar dia secepatnya mengambil alih kembali akunya. 
CARANYA? 
Jika itu terjadi pada anda, maka jangan menungu akun anda itu digunakan menipu lebih banyak orang. Segera ambil kembali akun WA anda dari penipu tersebut. 
Cukup uninstall aplikasi WA yang ada di HP asli, lalu install ulang. Setelah itu coba masuk dengan nomor yang sama. Pasti WA akan mengirim kode OTP baru ke HP kita untuk memverifikasi, dan kita bisa masuk dengan aman. 
Kode OTP  (One-Time Password) adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang terdiri dari 6 digit karakter (seringkali angka) unik dan rahasia yang umumnya dikirimkan melalui SMS atau e-mail. 
Sesuai namanya “One Time Password” maka kode ini hanya bisa digunakan sekali. Jadi begitu kode anda minta lagi dan terkirim ke HP yang ada nomor aslinya, lalu anda berhasil masuk, maka otomatis si pembajak kehilangan akses atas WA anda tadi. 
Kecuali si pembajak/penipu sempat merubah settingan WA anda di perangkat barunya dengan sistem pengamanan 2 langkah, maka anda akan kesulitan untuk mendapatkan kembali akun WA itu. 
Oleh karena itu saat sadar bahwa WA anda telah dibajak, jangan menunggu lama, secepat mungkin diselamatkan (diambil alih kembali). 
KOK BISA DIBAJAK?
Modusnya sebenarnya mudah ditebak. Biasanya ada orang yang menginbox kita dan bertanya nomor WA. Untuk mengundang respek kita mereka biasanya menyamar sebagai tokoh publik seperti tokoh ormas, walikota atau gubernur.
Setelah kita beritahu nomor WA kita, maka tak lama ada kode yang masuk (via SMS), dan si penipu menginbox lagi menanyakan kode tersebut dengan alibi bahwa dia ada mengirim kode pertemanan ke WA kita, lalu memintanya.
Padahal itu adalah kode OTP akun WA kita, biasanya terdiri dari 6 digit. Mana ada berteman di WA pakai kode pertemanan. Kode OTP itu untuk memverifikasi instalasi WA di perangkat (HP) baru. 
Kalau kode OTP kita berikan kepada orang tersebut, maka akan dia gunakan untuk masuk ke akun WA kita dari perangkat lain. Dan begitu berhasil masuk, maka WA di HP kita sendiri sudah tidak bisa digunakan. 
Semoga sedikit penjelasan ini bermanfaat bagi sahabat yang belum tahu sebelumnya. Bagi yang sudah tahu ya  Alhamdulillah, semoga ini mengingatkan kembali. Sebab banyak kasus mereka yang sudah tahu bahkan ikut ngeshare penjelasan semacam ini di medsosnya, ternyata masih tertipu juga. 
Wallahu a’lam
Abdillah
Abdillah