Aksi Tandingan Meski Sendirian

JENDELA NURANI: Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2016 M. Besok kita sudah berada di tahun 2017 dalam hitungan tahun miladiah. Meski tidak merayakan malam pergantian tahun, sebagai hamba Allah sedikit banyaknya kita tentu tetap teringat akan pertambahan hitungan waktu yang sekaligus pengurangan jatah usia.

Suka atau tidak suka, dalam keseharian kita sedemikian banyak menggunakan perhitungan tahun masehi ini. Mulai dari perhitungan resmi kalender nasional, hari kerja, hingga aneka urusan yang besifat ‘publik’ lainnya. Jadi, dalam konteks di luar perayaan non muslim, merenungi moment pergantian waktu ini adalah sesuatu yang baik selama dalam konteks yang benar.

Maksudnya?

Ya, banyak hal yang bisa kita amati, kita pikirkan dan kita renungkan berkaitan pergantian tahun masehi ini. Mulai dari aneka tradisi buruk yang membuat miris, mental ikut-ikutan budaya negatif yang masih marak di generasi muda Islam, hingga dampak buruk dari hiruk pikuk malam tahun baru ini. Dan tentunya termasuk realita bertambahnya umur dunia yang kita merupakan bagian dari mahluk Allah yang hidup di dalam dunia tersebut.

Saudaraku, begitu cepatnya waktu melintas berkelebat membawa setiap kita mendekati akhir usia. Sementara kita tertatih mengejarnya dengan segala amal ibadah yang (mungkin) masih jauh dari ideal sebagai bekal ke alam akhirat. Oleh katena itulah seharusnya tidak ada waktu bagi kita untuk berhura-hura apalagi sampai bermaksiat dalam mengisi “malam tahun baru” ini.

Jika di luar sana mereka asyik berpesta pora melupakan segalanya, menggelar aneka acara yang cenderung pada maksiat bahkan kemusyrikan, maka kita gelar “aksi tandingan” di rumah kita masing-masing. Kita perbanyak tafakur dan muhasabah atas amaliah diri, melakukan aktifitas-aktifitas positif yang berisi amal shaleh. Kita habiskan waktu untuk segala yang bermanfaat dan kian mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jadi… Mari bikin AKSI TANDINGAN meski kita hanya sedikit bahkan SENDIRIAN.

Semoga Allah Jalla wa A’la selalu membimbing kita agar istiqomah dalam keimanan dan amal shaleh… Aamiin

Abdillah
Abdillah